Kamis, 16 Oktober 2008

Ihwal Kopiketan

Pernahkah anda mendengar tentang Kopi Ketan?
Kopi Ketan yang dimaksud bukanlah jenis dari biji kopi semisal Kopi Arabica, tapi sebutan untuk Segelas Kopi dan Sepiring Ketan.

Kopi dan ketan sering disajikan bersamaan ketika sedang menjamu tamu, atau sebagai menu sarapan pagi bagi kalangan petani dan buruh tani sebelum turun ke sawah di pagi hari. Selain itu, jika kita bertandang ke warung kopi di kampung-kampung Jawa, biasanya ketan menjadi menu pendamping kopi yang nikmat. Ketan yang disajikan biasanya ditaburi dengan parutan kelapa atau kacang. Saya tidak tahu persis, kenapa kopi dan ketan akhirnya menjadi dua sejoli yang selalu nikmat disajikan bersama-sama. Yang pastinya sih, kalau untuk menu sarapan, pas banget karena cepat kenyang dan awet lagi, hehehe....

Ketika masih kecil, di masa musim tanam padi, saya sering menunggui Ibu menyangrai kopi menjelang sore kemudian menumbuknya sampai halus pada sebuah lumpung besi. Kopi itu lalu disimpan dalam sebuah toples plastik berwarna coklat dan ditaruh dalam sebuah lemari kayu di dapur. Dan, pagi - pagi sebelum subuh, saat ayam jantan mulai berkokok, ibu sudah bangun untuk memasak ketan dan menyiapkan kopi buat ayah dan para buruh tani yang akan membantu menanam padi. Pada saat seperti itulah, saya terbiasa untuk selalu meminta ibu menyediakan kopi dan ketan seperti yang disediakan untuk ayah, meskipun oleh ibu pasti hanya akan diberi sedikit saja, sekedar untuk menghilangkan rasa ingin.

Dan ketika beranjak remaja, semasa SMA hingga kini, ngopi akhirnya menjadi kebiasaan dan menjadi ritual yang sama seperti minum air maupun mandi. Setidaknya, segelas kopi selalu tersedia di meja makan yang sewaktu - waktu bisa diseruput.

Nikmat........

2 komentar:

Ndop mengatakan...

lebih pas kalo ditambah gambarnya... hmmm...

gilaorganic mengatakan...

iya bener, klo ad ilustrasinya kn kita bisa ikut ngerasain...
haha..
selamat menikmati..
wkwkwkwk

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP