Senin, 20 Oktober 2008

Masih adakah semangat berwirausaha?

Tadi malam, saya mendapat tugas untuk menjemput tamu asing, seorang konsultan, di bandara Soekarno-Hatta. Pesawat datang terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan. Untuk membunuh waktu, sambil melihat - lihat hilir mudik orang yang datang dan pergi maupun yang menjemput, saya mengambil posisi di smoking area.

Tak lama kemudian, seorang pria gagah dengan kaus berwarna biru dan jeans, datang dengan membawa trolley bag, duduk di samping saya sambil menyapa ramah. Dan obrolan pun mengalir lancar.

Ternyata, pria tersebut sedang transit dari semarang untuk bergabung dengan rombongan dari Jakarta yang akan berangkat ke China untuk mengikuti China Asean Expo (CAEXPO) di Guangxi. Beliau ternyata pengusaha kerajinan ukir Jepara. Dari ceritanya, beliau sudah melalangbuana ke Eropa, Amerika, Afrika Selatan dan Asia untuk mengikuti pameran produk. Untuk bisa mengikuti event seperti ini, biasanya difasilitasi pemerintah, tapi untuk akomodasi dan biaya pameran masih dari kantong pengusaha.

Menurut pria tersebut, dari hasil pemeran yang diikutinya, selalu saja ada deal penjualan baik berupa produk yang dibuat di Indonesia maupun kadang-kadang hanya berupa jasa ukir. Jadi, pemesan menyediakan semua bahan, dan tinggal mendatangkan pengukir-pengukir ke negara pemesan. Alamat websitenya http://www.sipra-furniture.com/

Hmm....

Saya sangat terkesan dengan pertemuan ini, karena jadi tahu bahwa produk-produk spesifik seperti ukiran bisa merambah ke negara lain dan dikelola oleh seorang entrepreneur muda. Mendengar uraiannya, saya bisa merasakan aura positif yang memancarkan semangat untuk terus berkarya dan berusaha memajukan usaha, apapun bentuk usahanya.

Saya jadi mengaca, apa yang telah saya lakukan untuk bisa memulai usaha??

Tidak ada komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP